Jumat, 23 Mei 2014

PES 2014: FIELDTRIP TO PT. NUSANTARA TROPICAL FARM (NTF)

Kegiatan kedua dari rangkaian acara Peternakan Explore Spektakuler (PES) 2014 adalah fieldtrip ke PT. Nusantara Tropical Farm. PT Nusantara Tropical Farm merupakan salah satu peternakan sapi penggemukan yang ada di Lampung, tepatnya berlokasi di Way Jepara, Lampung Timur. Fieldtrip yang dilaksanakan pada hari Jumat, 23 Mei 2014 ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam sebuah peternakan sapi penggemukan.




PT Nusantara Tropical Farm merupakan peternakan yang dimulai sejak tahun 2012 dan merupakan anak perusahaan dari Gunung Sewu Group kemudian mulai berjalan mandiri pada tahun 2013. Peternakan ini merupakan bagian dari kompleks perkebunan PT Nusantara Tropical Farm. Kapasitas yang dimiliki adalah sebanyak 6000 ekor sapi, namun baru terisi sekitar 3000-4000 sapi. Kunjungan rombongan Himapet kali ini merupakan kunjungan yang pertama kali untuk PT NTF sendiri, karena selama ini PT NTF belum membuka perusahaannya untuk dikunjungi oleh pihak luar.

Rombongan Himapet diajak berkeliling ke kandang sapi dan diberikan penjelasan singkat tentang kegiatan pemeliharaan sapi penggemukan disana. Sayang sekali, selama di kandang kami tidak diperkenankan untuk mengambil gambar demi kenyamanan sapi-sapi disana.

Setelah istirahat sholat dan makan siang, rombongan Himapet melanjutkan penjelajahan ke kebun-kebun Nusantara Tropical Fruit. Nusantara Tropical Fruit memiliki berbagai macam komoditi tanaman mulai dari pisang Cavendish, Nanas, Buah Naga, dan Jambu Crystal. Dengan luasan total 3700 hektar, PT NTF memasarkan produknya baik lokal (domestik) maupun eksport terutama ke Timur Tengah dan China. Kami berhenti di kebun jambu crystal, diberikan penjelasan tentang pemeliharaan tanaman jambu crystal hingga packing produk. Rombongan diberikan kesempatan untuk bertanya jawab serta mencicipi jambu crystal langsung dari kebunnya.


Tidak ada komentar: