Selasa, 20 Januari 2015

Bakti Jurusan HIMAPET : Pembuatan Mineral Blok

Bakti Jurusan Peternakan Universitas Lampung yang dilakukan setiap minggu kedua tiap bulan rasanya kurang berkesan apabila hanya diisi dengan kerja bakti membersihkan lingkungan gedung jurusan dan kandang peternakan Unila. Oleh karena itu, Himapet berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan pengembangan kemampuan mahasiswa selepas kegiatan bakti jurusan.




Pencetakan Mineral Blok
Bahan-bahan dicampur untuk dijadikan mineral blok
Mineral Blok yang selesai dicetak

Salah satu kegiatan pengembangan yang dilakukan Pelatihan pembuatan mineral blok ini bertujuan agar mahasiswa dapat memenuhi kebutuhan mineral untuk ternak, disamping dengan pemberian pakan hijauan, agar pertumbuhan dan kesehatan ternak dapat terjaga dengan baik. Hal ini untuk mencegah penyakit defisiensi mineral pada ternak sapi (ruminansia). Diharapkan agar para peserta pelatihan me­nyadari bahwa pakan hijauan saja tidak akan mencukupi untuk mendapatkan ter­nak yang sehat dan berproduksi optimal.
Mineral blok merupakan sumber mineral untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan jaringan otot serta reproduksi pada sapi. Mineral blok juga bemanfaat sebagai bahan enzim, hormon dan substansi lainnya yang diperlukan dalam proses metabolisme.
Gejala defisiensi pada ternak sapi dapat dilihat dari :
  • Ternak sering menjilat atau menggigit bahkan memakan kayu di kandang.
  • Pertumbuhan ternak terhambat (kerdil) bahkan bisa menyebabkan ternak mati.

Tidak ada komentar: